Saturday, July 24, 2010

Mengubah Drive Letter Windows Vista

Setelah kamu memasang hardware baru, tentunya terdapat drive letter baru yang terdapat dalam komputer kamu. Atau mungkin juga kamu ingin mengubah hard drive, drive CD atau DVD yang terdapat pada komputer kalian. Kamu dapat mengubah itu semua dengan mudah di tools yang terdapat pada Computer Management.

Sebagai catatan kamu tidak dapat mengubah drive letter partisi untuk file instalasi windows pada PC. Biasanya ketika kita menginstall windows, drive letter tersebut merupakan “drive C”.

Jika kamu ingin mecoba untuk mengubah drive letter komputer, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Klik Start dan pilih Control Panel.

2. Klik System and Maintenance.

3. Klik Administrative Tools.

4. Pada windows Administrative Tools pilih Computer Management.

5. Pada window Computer Management, cari pilihan Disk Management dan kemudian klik kiri.

6. Pada sebelah kanan layar, cari drive yang ingin kamu ubah drive letternya dan kemudian klik kanan dan pilih Change Drive Letter and Paths….

7. Pada window Change Drive Letter and Paths, klik Change.

8. Setelah itu akan muncul dialog box Change Drive Letter or Path. Pilihlah drive letter yang ingin kamu ubah, dan Klik OK.

9. Akan muncul window konfirmasi ” Changing the drive letter of a volume might cause programs to no longer run. Are you sure you want to change this drive letter? “.

10. Jika kamu yakin ingin mengubahnya, klik Yes.

Selesai sudah langkah-langkahnya, tutup window Administrative Tools dan restart komputer kalian untuk melihat hasilnya. Selamat mencoba!!

No comments:

Post a Comment