Saturday, July 24, 2010

Menghapus Registry Key Pada Windows Vista

Terkadang, sebagai bagian dalam troubleshooting atau memperbaiki registry komputer yang rusak, kamu butuh untuk menghapus registry key dari registry windows Vista. Dengan asumsi kalian mengetahui lokasi registry key pada windows registry, menghapus registry merupakan hal yang mudah.

Mengingat betapa penting dan sensitifnya registry bagi pengoperasian Windows XP, kalian harus memperhatikan langkah-langkah berikut dengan benar. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Klik menu Start.

2. Pada search box, ketikkan regedit dan tekan Enter.

3. Gunakan ikon (>) untuk mencari subkey (folder yang berada disebelah kiri) yang ingin kamu hapus, atau subkey yang mengadung value (folder yang berada disebelah kanan) yang ingin kamu hapus.

4. Backup Registry Key yang ingin dihapus terlebih dahulu sebelum menghapus sebagai antisipasi jika terjadi masalah karena penghapusan registry.

5. Jika kamu menghapus subkey registry, pastikan bahwa anda memilih yang berada di sebelah kiri. Jika kalian menghapus value registry yang spesifik, pastikan kamu memilih yang di sebelah kanan.

6. Jika kalian sudah memilih value atau subkey, pilih Edit dan kemudian pilih Delete dari menu Registry Editor.

7. Jika kamu menghapus seluruh subkey, kamu akan diperingatkan dengan pesan Confirm Value Delete:

Are you sure you want to permanently delete this value?

Jika kalian menghapus satu atau lebih value disebelah kanan, kamu akan diperingatkan dengan pesan :

Deleting certain registry values could cause system instability. Are you sure you want to permanently delete this value?

8. Jangan pedulikan pesan konfirmasi tersebut, klik tombol Yes untuk menghapus key atau value

9. tutup Registry Editor dan restart komputer kamu.

Jika penghapusan registry key atau value tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, maka kamu dapat merestore menggunakan backup file yang kamu buat pada tahap 4.

No comments:

Post a Comment