Saturday, March 26, 2011

Tips Agar Laptop dan Notebook Sobat Berumur Panjang

Buat sobat-sobat yang punya laptop atau notebook pasti donk kepingin laptop dan notebooknya bisa berumur panjang dan tidak mudah rusak.  Untuk itu sobat harus melakukan perawatan baik hardware maupun softwarenya. Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa sobat terapkan agar laptop dan notebook sobat berumur panjang.

1. Pastikan laptop berada pada tempat yang stabil,tidak banyak goyangan atau getaran yang bisa merusak harddisk,opticaldrive,socket-socket serta komponen mekanik lainnya. Tempatkan juga laptop atau notebook pada tempat yang rata dan datar sehingga lubang ventilasi laptop yang letaknya dibawah tidak tertutup.

2. Tambahkan pelindung layar (screen protector) agar layar tidak mudah tergores, pelindung keyboard (keyboard protector) agar keyboard tidak kemasukan debu/cairan yang mengakibatkan kerusakan pada tuts keyboardnya dan gunakan cooling pad bila Laptop akan digunakan dalam waktu yang lama, agar sirkulasi udara dalam Laptop terjaga.

3. Pastikan dengan teliti mengecek stop kontak adaptor apakah sudah tertanam dengan baik dan stabil. Bila tidak, akan terpercik bunga api pada stop kontak yang berakibat proses charge akan putus sambung. ini akan membuat baterai sobat cepat rusak.

4. Perhatikan indikator baterai sebelum mengisi (men-charge) Laptop Anda. Bila menunjukkan kapasitas baterai <80%, sebaiknya baterai dihabiskan dulu, baru kemudian di isi kembali.  Apabila Notebook tidak dipakai dalam waktu yang lama (lebih dari 1 minggu), sebaiknya battery dan adaptor di lepas. Pastikan Notebook dalam keadaan benar-benar mati (Shutdown) saat akan disimpan dalam waktu lama.

5. Jangan biasakan menggunakan Notebook dengan adaptor saja dan melepas baterai. Rumor diluar mengatakan bila bekerja dalam jangka waktu yang lama sebaiknya battery dilepas karena bisa rusak akibat overcharge. Padahal itu akan menjadi malapetaka besar manakala listrik mati tiba-tiba dari PLN. Harddisk dalam Laptop bisa rusak parah berikut data didalamnya. Padahal, file-file data kadang jauh lebih bernilai daripada Laptop itu sendiri. Jadi, selain sebagai penyimpanan daya, baterai juga berfungsi membantu menyediakan daya yang stabil dikala adaptor saja tidak cukup mencukupi saat Processor bekerja dengan maksimum.  ( ini masih menjadi perdebatan ada yang bilang baterai harus dilepas tapi ada juga yang bilang jangan dilepas,namun menurut saya alangkah baiknya jika baterai dilepas untuk pemakaian yang lebih dari 4 jam dengan listrik PLN dan ditambahkan saja UPS  :D )

6. Update antivirus Notebook anda sesering mungkin, hindari situs-situs internet berbahaya, karena banyak spyware, spam, malware, dan lain-lain. Hindari tukar menukar data dengan sesama pengguna komputer tanpa dicheck dengan antivirus terlebih dahulu, dan gunakan software original (bukan bajakan) agar aman dan nyaman.

7. Jangan meletakkan Handphone diatas Laptop maupun di atas keyboard Laptop. Lebih baik jauhkan Handphone dari Laptop Anda. Pengalaman membuktikan, Handphone sewaktu ada call ,mencari sinyal atau saat menerima sms, mengeluarkan radiasi yang sangat besar sehingga akan merusak chips dalam Laptop yang terbukti sangat sensitif terhadap radiasi elektromagnetik. Akibat yang sering terjadi adalah kerusakan chips keyboard controller yang mengakibatkan beberapa angka/huruf tidak dapat keluar.


http://ambretto.tk/tips-agar-laptop-dan-notebook-sobat-berumur-panjang/

No comments:

Post a Comment